Selamat Datang di Portal Sekolah

Mencicipi Sambal Lu’at Oleh-oleh khas NTT

Schoolzine - Sambal luat adalah sambal khas Nusa Tenggara Timur. Campuran cabai rawit atau cabai khas NTT dengan daun kemangi, daun siba dan jeruk nipis membuat rasa sambal ini sangat pedas dengan menyisakan cita rasa asam dari jeruk nipis namun menyegarkan dari pengaruh daun kemangi dan daun siba. Sama seperti posisi sambal lainnya dalam menu makanan orang Indonesia, sambal ini selalu menyertai menu makanan orang NTT.

Cabai khas NTT yakni mereka sebut sebagai lombok padi.  Bentuknya lebih kecil dari cabai rawit kira-kira setengah kali lebih kecil. Makan satu atau dua buah saja rasa pedasnya sudah luar biasa bahkan lebih pedas dari cabai rawit biasa.

Bagi yang bukan penggemar pedas, mungkin bukan ide yang bagus untuk mencobanya. Namun bila ingin tantangan dan merasakan seperti apa pedasnya lombok padi ini maka silahkan untuk mencoba. Lombok padi biasa dicampur dalam aneka sayuran dan lauk olahan serta pastinya sebagai bahan baku sambal luat.

Kuliner ini merupakan kuliner khas yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh khas NTT kamu yang cinta akan rasa pedas. Yang tidak suka pedas, jangan coba-coba, ya.  Harga dari Sambal Lu’at per bungkusnya adalah sekitar Rp. 15.000. Masih terjangkau, kan? Sambal ini bisa jadi alternatif oleh oleh khas NTT.

Sumber : ceroboh
Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : Link here | ceroboh.com | Link here
Copyright © 2014. CARGAM SCHOOLZINE - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger