Selamat Datang di Portal Sekolah

Menikmati Walang Goreng Khas Wonosari Gunung Kidul

Schoolzine - Selain dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan gurih, belalang goreng khas Gunungkidul ternyata mengandung protein yang sangat tinggi. Berani mencoba?

Gunungkidul yang naik daun berkat pantai-pantai berpasir putihnya ini ternyata juga menambah perbendaharaan makanan khas Jogja yang cukup unik, yaitu kuliner ekstrim belalang atau walang goreng.

Walaupun belum seterkenal gudeg, belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul yang mulai mencuri perhatian seiring banyaknya warga yang mengolah belalang menjadi lauk yang lezat. Penjual belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang perjalanan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul. Mereka biasanya berjualan dengan kios-kios kecil.

Walang Goreng ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Wonosari Gunung Kidul

Walang yang dalam bahasa Indonesia berarti belalang, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Gunung Kidul. Belalang yang merupakan hama bagi tanaman, dan salah satu penyebab dari gagal panennya para petani, ternyata hewan yang kaya akan protein.

Terlebih lagi, kandungan gizi yang terdapat dalam belalang ternyata tidak kalah dibandingkan dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi. Menurut sebagian besar orang yang sudah pernah merasakan belalang goreng, rasa belalang ternyata hampir mirip dengan rasa udang.

Sumber artikel
https://bonvoyagejogja.com/belalang-goreng-kuliner-ekstrim-berprotein-tinggi-khas-gunung-kidul/
Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : Link here | ceroboh.com | Link here
Copyright © 2014. CARGAM SCHOOLZINE - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger